SRI RAHAYU

mencari dan memberi yang terbaik

 

Seksi Produksi Bahan Pustaka Elektronik di Perpustakaan Institut Pertanian Bogor

 

Latar Belakang

Seksi Produksi Bahan Pustaka Elektronik adalah seksi kedua setelah Seksi Sistem Jaringan Informasi yang berada pada  bidang Teknologi Informasi Pembinaan Mutu dan Kerjasama, seksi ini didirikan guna keperluan Institusinya guna menunjang civitas akademika perguruan tinggi.  Sesuai dengan Surat Tugas No. 114/13.30/KP/2008 tertanggal 14 April 2008 Seksi Produksi Bahan Perpustakaan Elektronik dan Pembinaan Mutu, dengan tupoksi perpustakaan IPB adalah :

a) Bertanggung jawab langsung kepada Bidang Teknologi Informasi,  b) Melakukan pemeliharaan data (dataware) di Perpustakaan IPB, c) Melakukan produksi dan manajemen dokumen elektronik/digital (termasuk scanning dokumen lama), data local content, d) Melakukan updating metada (me”link”kan) koleksi lokal digital dengan metadata, e) Melakukan produksi dan manajemen dokumen multimedia, f) Melakukan pembinaan mutu Perpustakaan IPB (melakukan pengukuran kinerja atau performance indicator), g) Melakukan inisiasi kerjasama dengan pihak-pihak luar Perpustakaan IPB, h) Melakukan pengaturan magang dan pelatihan perpustakaan, i) Melakukan seminar dan pertemuan-pertemuan pustakawan/perpustakaan, j) Bersama Sekretariat melakukan penerimaan tamu, kunjungan, studi banding dll.

Surat tugas No. 114/13.30/KP/2008 belum sepenuhnya dilakukan seperti pada poin e)  Melakukan produksi dan manajemen dokumen multimedia, dan f) melakukan pembinaan mutu Perpustakaan IPB (melakukan pengukuran kinerja datau performance indicator).  Hal tersebut belum dilakukan mengingat sumberdaya manusia yang ada pada seksi ini masih terbatas.

Pemeliharaan dataware

Data yang terdapat di Perpustakaan IPB meliputi data bibliografi, data digital, dan e-journal, a) data bibliografi yang terdapat diperpustakaan disimpan di server yang kemudian dapat dibaca melalui OPAC (Online Public Accsess) data bibliografi ini meliputi : Abstrak, Artikel, Buku, Disertasi, Tesis, Skripsi, Majalah, Siagri, PAU, dan PKSPL, b) data digital yang terdapat diperpustakaan meliputi Disertasi, Tesis, Skripsi dan digital dari suplemen buku, Teeal (The Essential Electronic Agricultural Library).

Pemeliharaan data bibliografi yang terdapat di server setiap satu minggu sekali di update guna keabsahan data perpustakaan, kemudian data tersebut di backup kedalam CD setiap  satu bulan.

Pemelliharaan data digital di Perpustakaan IPB, pada awal tahun 1997 an pada masa kepala Perpustakaan IPB yaitu bapak  Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc. telah memproduksi bahan pustaka elektronik yaitu koleksi disertasi, koleksi disertasi ini dialih bentukan menjadi kolesi digital, pengalih bentukkan  bahan pustaka pada waktu itu  menggunakan mesin scanner dengan tipe lambat (HP, dan CANNON) yaitu lembar demi lembar, kemudian kapasitasnya bertambah dengan per 25 lembar setiap kali scan. Disertasi yang dican meliputi tahun lawas yaitu sekitar tahun 1980an, hasil scan ini disimpan kedalam CD.  Dalam sebuah CD hanya memuat sekitar 50 an judul  fullteks, selain pada CD data tersebut disimpan kedalam beberapa bentuk seperti ekternal disk, dan beberapa server yang terdapat di Perpustakaan IPB

Selain data Perpustakaan Pusat, Perpustakaan juga menyimpan data-data yang setorkan oleh diperpustakaan Fakultas. Data tersebut sangat diperlukan untuk kepentingan penghitungan statistik tahunan.

Kerjasama

Kerjasama Internal, Perpustakaan IPB melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Fakultas, Perpustakaan Departemen, dan unit lain di lingkungan IPB. Kerjasama ini meliputi pemeliharaan data, pemeliharaan software, hardware dan pembinaan SDM.

Kerjasama Eksternal, Perpustakaan IPB melakukan kerjasama dengan luar lembaga induknya, seperti dengan perpustakaan perguruan tinggi dan lembaga lain di luar IPB, dan sekolah-sekolah lingkup Bogor.  Kerjasama ini meliputi kunjungan, studi banding, studi pustaka, pelatihan, magang dan lain-lain.  Bahkan sampai saat ini Perpustakaan IPB masih menjadi trend center perpustakaan untuk Indonesia bagian timur.

Kerjasama internal dan ekternal diantaranya meliputi program pelatihan dan magang, pelatihan yang pernah diadakan diantaranya pelatihan WINISIS, SIPISIS, WEBOMETRIK, BLOG, E-Journal

Koleksi

Koleksi yang dihimpun meliputi : koleksi bibliografi dan koleksi digital, untuk koleksi bibliografi ini hanya yang terdapat di Perpustakaan IPB meliputi Koleksi Buku, Disertasi, Tesis, Skripsi, Majalah Journal dan lain-lain, koleksi ini dapat diakses melalui OPAC (Online Public Accsess), untuk koleksi digital yang terdapat diperpustakaan terdiri dari koleksi disertasi, koleksi tesis, koleksi skripsi, dan koleksi IPBana koleksi digital ini dapat diakses melalui layanan digital dan sebagian telah diupload ke dalam web IIRC (IPB Information Resource Center) dan KMS (knowledge management sistem)

Berikut adalah tabel koleksi data bibliografi

Jumlah Buku Disertasi Tesis Skripsi Majalah
Judul 45857 2125 9725 47381 2783
Eksemplar 63886 2125 9725 47381 14536

Pada tabel berikut ini adalah koleksi digital yang telah dihimpun sampai bulan Nopember 2010

Tabel Koleksi Digital

Keterangan Skripsi Tesis Disertasi IPBana
Jumlah 37719 9807 1728 5234
 

No Responses to “Seksi Produksi Bahan Pustaka Elektronik di Perpustakaan Institut Pertanian Bogor”

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.