SRI RAHAYU

mencari dan memberi yang terbaik

 

Cara Mudah Menghitung Jumlah Eksemplar Buku Didalam Data Winisis

 

Sri Rahayu

srira@ipb.ac.id

Pendahuluan

WINISIS (CDS/ISIS) banyak digunakan di perpustakaan-perustakaan di Indonesia, karena kemudahan-kemudahan yang didapat pada program ini diantaranya : (1). Ekpor impor,  (2) konversi excell dan lain-lain. Untuk saat ini mungkin program WINISIS (CDS/ISIS) sudah banyak tersaingi oleh progam-progam perpustakaan yang  memfasilitasi fitur-fitur  yang lebih baik dari program WINISIS (CDS/ISIS), penulis akan mencoba guna memudahkan para pengguna WINISIS akan pertanyaan yang hampir setiap tahun selalu diminta guna keperluan adminstrasi, terutama  jumlah eksemplar  data buku perpustakaan.

Sebenarnya pertanyaan itu mudah  untuk dijawab akan tetapi jika pengerjaannya secara manual akan menjadi sulit bahkan harus memerlukan waktu untuk menghitungnya.  Untuk itu ada cara mudah menghitung jumlah eksemplar yang ada didalam database dengan menggunakan program WINISIS.

Didalam struktur database winisis untuk jumlah eksemplar terdapat pada Tag (tengara) 999, pastikan tag (tengara) ini selalu terisi dengan jumlah eksemplar. Tag ini yang akan dipakai dalam penjumlahan, jika tag ini tidak terisi maka untuk menjumlah eksemplar akan sangat sulit.  Didalam database winisis tag (tengara) 999 inipun biasanya dipakai sebagai nomor induk yang nantinya juga dijadikan nomor barcode yang ada diperpustakaan.

1.     Langkah-langkahnya

Buat format data untuk menghitung jumlah eksempar dengan mengklik UTILS kemudian buat format didalam kolom yang telah disediakan Contoh formatsebagai berikut:

‘”‘,{if v99^l=”then’B’ else v99^l fi},'”+”‘,v99^a.1,'”+”‘,v99^a.2,'”+”‘,{e1:=1,e3:=0,e2:=nocc(v999),{f(e2,3,0)},'”+”‘,v985^a,'”+”‘,v990,'”+”‘,v260^a,'”+”‘v260^c,'”‘/

Kemudian simpan dengan nama file stat (statistik)

Untuk menghitung jumlah eksemplar, pada menu klik database kemudian klik print, hingga muncul menu print setup, kemudian arahkan kursor pada menu output to menggunakan panah hingga muncul menu kemudian pilih ASCII File (Windows-ANSI), pada menu Pre-defined Format klik pada panah kemudian pili menu format STAT, kemudian klik pada kotak yang bertanda panah hijau dengan bertuliskan Print, sehingga muncul menu CDS/ISIS warning klik yes, maka akan muncul gambar menu save file, untuk menyimpan file biasanya WNISIS selalu menyediaan folder work secara otomatis hasil dari pengopersian hasil-hasil kerja. Jika tidak setuju dengan penyimpanan ini kita bisa pilih menu sesuai dengan kehendak.  Simpan file statistik ini menggunakan nama STAT.txt, yang nantinya akan dibuka dengan menggunakan Excell.

2.     Membuka file STAT

Cara membuka file statistik hasil penghitungan jumlah eksemplar, buka file stat.txt dengan menklik 2 kali, kemudian akan muncul menu text import wizrd – step, klik dua kali delimeted maka akan muncul menu text import wizard kemudian pada menu Other ketik + (tanda jumlah) sehingga pada menu data preview muncul kolom-kolom, kemudian klik finish.

Hasil proses tadi akan terlihat jumlah eksemplarnya

Selamat mencoba ********

 

No Responses to “Cara Mudah Menghitung Jumlah Eksemplar Buku Didalam Data Winisis”

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.