SRI RAHAYU

mencari dan memberi yang terbaik

 

Mengenal pangkalan data perpustakaan

 

Pendahuluan

Perpustakaan merupakan bagian dari asset penting dalam mendokumentasi kekayaan ilmu pengetahun, dalam mendokumentasikan ilmu pengetahuan perlu adanya sarana yang baik agar dapat ditemukan kembali informasi secara cepat, sehingga ilmu pengetahuan dapat selalu dikembangkan secara terus menerus dan dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal oleh para peneliti, civitas akademika dan pengguna pada umumnya untuk mewujudkan hal tersebut hanya perpustakaan moderenlah yang dapat menjawabnya.

Dengan kemajuan ini, akan berpengaruh terhadap perpustakaan sebagai tempat menghimpun dan menyinpan informasi yang setiap saat terus bertambah jumlahnya.  Hal ini dapat dirasakan oleh para pengguna perpustakaan untuk memperoleh informasi itu dengan cepat, tepat sesuai keinginan.

Peran perpustakaan dalam menghimpun dan mendokumentasikan kekayaan informasi akan menjadi sangat penting keberadaannya,  saat ini dokumentasi yang berada di perpustakaan tersimpan dalam pangkalan data yang terekam dalam perangkat lunak perpustakaan yang mutlak diperlukan untuk dimanfaatkan oleh pengguna perpustakaan.

I. Pangkalan Data

Pangkalan data  yang terdapat di perpustakaan  terdiri dari bermacam-macam seperti  pangkalan data buku, pangkalan data skripsi, pangkalan data tesis, pangkalan data disertasi, pangkalan data artikel dan lain-lain.   Pangkalan data ini  memuat informasi-informasi  terdiri dari elemen-elemen data seperti pengarang, judul, penerbit, deskripsi fisik dan lain-lain.  Elemen data ini dimasukkan dalam ruas (field) yang ditandai dengan nomor, yang disebut tengara (tag).  Kumpulan ruas yang berisi elemen-elemen data ini disebut cantuman (record), penyediaan fasilitas untuk mendefinisikan panjang ruas sesuai dengan keperluan.  Sebuah ruas juga dapat terulangkan (repeatable).  Kemampuan lain adalah kemampuan untuk mengelola dengan panjang bervariasi (variable field length).  Contohnya  kenali pangkalan data buku didalamnya terdiri dari : entri utama nama orang (pengarang), entri utama badan korporasi, entri utama nama pertemuan, pernyataan judul, pernyataan edisi, penerbit, dan distribusi, deskripsi fisik, pernyataan seri, entri tambahan badan korporasi, entri tambahan konperensi, nomor panggil, kata kunci, kode operator dan lain-lain, dalam pengisian pangkalan data tidak terlepas dari pedoman INDOMARC.

Keunikan lain dari pangkalan data adalah menyediakan fasilitas yang terdiri dari 2 kategori yaitu kategori untuk pengguna (user) dan fasilitas untuk system.  Kategori pengguna (user) yaitu : (1) untuk memasukkan dan mengedit cantuma, (2) fasilitas untuk penelusuran cantuman, (3) untuk membuat cetakan dalam bentuk kartu catalog ataupun dalam bentuk yang sudah diurutkan (sort), pemeliharaan berkas dan fungsi.  Kategori system yaitu : (1) mendefinisikan pangkalan data baru atau modifikai pangkalan data, (2) menyediakan fungi system, (3) menyediakan fasilitas untuk tukar menukar data dengan system lain, dan fungsi untuk membuat backup/retore berka utama, (4) fasilitas program lanjutan untuk membangun aplikasi program sendiri.

Pangkalan data yang dikembangkan oleh perpguruan tinggi berbeda-beda seperti pangkalan data yang dikembangkan oleh IPB adalah CDS/ISIS (Computerized Documentation Service/Integrated Set of Information system) pangkalan data ini terus dikembangkan hingga saat ini dikenal dengan SIPISIS for windows untuk pelayanan sirkulasi, kemudian yang terbaru My SIPISIS Pro versi WEB. Perputakaan Universita Indonesia menggunakan Lontar, Perpustakaan DEPDIKNAS (Departemen Pendidikan Nasional) menggunakan SENAYAN dan lain-lain

II. Berkas program

Dalam sebuah pangkalan data biasanya  terdiri dari dua berkas yaitu,  berkas system dan berkas pangkalan data.  Berkas system  meliputi  : (1) berkas program adalah berkas utama dalam program untuk menjalankan program, (2) berkas menu system dan lembar kerja system digunakan untuk berinteraksi dengan pemakai program untuk memilih fungsi-fungsi atau perintah yang tersedia, (3) berkas pesan system , (4) berkas table,(5)  berkas cetak dan kerja, dan (6) berkas parameter system.  Berkas pangkalan data meliputi: (1) berkas mandatory , (2) kelompok tambahan, dan (3) kelompok pemakai.

III. Instalasi sistem

Instalasi sistem adalah pemasangan sistem yang dibutuhkan, system-sistem yang diinstal kedalam computer berisi program, pesan system, menu sitem dan lembar kerja system.

  1. Berkas parameter system (system parameter file), berisi informasi mengenai system yang akan digunakan. Berkas parameter ini yang pertamakali dibaca oleh program saat diaktifkan
  2. Parameter pangkalan data (databae parameter)

IV. Cantuman

Cantuman atau record adalah catatan, mencatat, mencapai/membuat rekor, memiliki catatan, memiliki cantuman.  Contoh dalam satu pangkalan data buku terdapat 106 cantuman, atau bisa disebut 106 record, 106 catatan, memiliki 106 cantuman atau memiliki 106 judul buku.

Contoh cantuman data buku dengan winisis

Contoh cantuman data buku dengan

Berikut ini adalah pangkalan data perpustakaan untuk pengguna dengan berbagai  macam berntuk :

Contoh pangkalan data OPAC

Contoh pangkalan data EIL

 

One Response to “Mengenal pangkalan data perpustakaan”

  1.  

    Visitor recommendations…

    […]one of our visitors recently recommended the following website[…]……

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.