SRI RAHAYU

mencari dan memberi yang terbaik

 

Renungan Kebijakan

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Arti Kebijakan adalah kepandaian; kemahiran; Kebijakan; rangkaian konsep dan asas yang menjadi garis besar dan dasar rencana dipelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpian, dan cara bertindak (tt pemerintah, organisasi, db) pernyataan cita-cita, tujuan, prinsip, atau maksud sbg garis pedoman untuk manajemen dalam usaha mencapai sasaran; garis haluan.

Kutipan dari internet, Kebijakan adalah terjemahan langsung dari kata policy science (Dror, 1968: 6-8 ). Beberapa penulis besar dalam ilmu ini, seperti William Dunn, Charles Jones, Lee Friedman, dan lain-lain, menggunakan istilah public policy dan public policy analysis dalam pengertian yang tidak berbeda. Istilah kebijaksanaan atau kebijakan yang diterjemahkan dari kata policy memang biasanya dikaitkan dengan keputusan pemerintah, karena pemerintahlah yang mempunyai wewenang atau kekuasaan untuk mengarahkan masyarakat, dan bertanggung jawab melayani kepentingan umum. Ini sejalan dengan pengertian public itu sendiri dalam bahasa Indonesia yang berarti pemerintah, masyarakat atau umum.

Pada umumnya manusia hidup dalam suatu lingkungan sosial, seperti dirumah, dilingkungan tetangga, di tempat bekerja, di sekolah, di dalam organisasi dll. Akan tetapi disetiap lingkungan dimana kita berada tidak terlepas dari kebijakan.

Seperti dalam keluarga kebijakan penuh ada pada kepala keluarga yaitu bapak.  Bapak mempunyai hak prerogatif, atau hak istimewa yang dipunyai oleh kepala keluarga, Kebijakan seorang bapak harus berlaku adil bagi setiap anggota keluarga, akan tetapi setiap kebijakan yang ditempuh  atau diputuskan harus ada persetujuan anggota keluarga, kemudian dalam pelaksanaan putusan tersebut harus sesuai pada putusan bersama.

Ayah adalah tokoh panutan keluarga, maka ayah harus bisa membawa dirinya sendiri menjadi contoh teladan untuk anak-anaknya, dan keluarga, jika ayah tidak bisa berlaku adil untuk dirinya sendiri dan anak-anaknya maka dalam keluarga itu akan tercipta pengelompokkan.

Sehingga dalam setiap keluarga sangat mendambakan sosok ayah yang bijaksana dalam mengatur rumah tangganya, sehingga roda kehidupan akan berjalan dengan baik, jika seorang ayah dalam memerintahkan tugas untuk anak-anaknya tidak adil dan bijaksana, maka akan terjadi ketidak harmonisan dalam rumah tangga.  Anak yang satu akan iri terhadap anak lain, Anak yang selalu mendapat perhatian dari sang ayah akan menjadi besar kepala, sombong,  arogan bahkan cenderung malas.

 

One Response to “Renungan Kebijakan”

  1.  

    Bagus Yuk….

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.