SRI RAHAYU

mencari dan memberi yang terbaik

 

Munafik sebagai Renungan

 

Menurut kamus besar bahasa Indonesia edisi ketiga, arti kata munafik adalah berpura-pura percaya atau setia dsb. kepada agama dsb, tetapi sebenarnya di hatinya tidak; suka (selalu) mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan perbuatannya; bermuka dua.

Hadits Nabi Muhammad SAW Tentang Orang-Orang Munafik :
“Tanda orang-orang munafik itu ada tiga keadaan. Pertama, apabila berkata-kata ia berdusta. Kedua, apabila berjanji ia mengingkari. Ketiga, apabila diberikan amanah (kepercayaan) ia mengkhianatinya”.(Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim).

Ciri-Ciri / Sifat-Sifat Munafik Manusia :
1. Apabila berkata maka dia akan berkata bohong / dusta
2. Jika membuat suatu janji atau kesepakatan dia akan mengingkari janjinya.
3. Bila diberi kepercayaan / amanat maka dia akan mengkhianatinya.

1. Berbohong

Bohong adalah mengatakan sesuatu yang tidak benar kepada orang lain. Jadi apabila kita tidak jujur kepada orang lain maka kita bisa menjadi orang yang munafik. Contoh bohong dalam kehidupan keseharian kita yaitu seperti jika seseorang untuk memperoleh pengakuan sesuatu dengan syarat harus ditukar dengan barang tertentu, maka orang tersebut berusaha untuk memperoleh barang tersebut dengan cara yang licik. Contoh lainnya seperti ada anak ditanya dari mana oleh orang tuanya dan anak kecil itu mengatakan tempat yang tidak habis dikunjunginya.

2. Ingkar Janji

Seseorang terkadang suka membuat suatu perjanjian atau kesepakatan dengan orang lain. Apabila orang itu tidak mengikuti janji yang telah disepakati maka orang itu berarti telah ingkat janji. Contohnya seperti janjian akan melaksanakan tugas ke Jakarta tetapi malah pergi ke Bandung . Misal lainnya yaitu seperti para siswa yang telah menyepakati janji siswa namun tidak dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

3. Berhianat

Khianat mungkin yang paling berat kelasnya dibandingkan dengan sifat tukang bohong dan tukang ingkar janji. Khianat hukumannya bisa dijauhi atau dikucilkan serta tidak akan mendapatkan kepercayaan orang lagi bahkan bisa dihukum penjara dan denda secara pidana. Contoh berkhianat yaitu seperti oknum anggota TNI yang menjadi mata-mata bagi pihak asing atau teroris. Contoh lainnya yaitu seperti seorang pegawai yang dipercaya sebagai pejabat pajak, namun dalam pekerjaannya orang itu menyalahgunakan jabatan yang digunakan dengan cara menilep uang setoran pajak.

Nauzubillahi minzalik semoga Allah menjauhkan kita dari sifat-sifat diatas

Amin-amin ya Robbal Alamin

diatas adalah kutipan dari Ilmu Pengetahun Agama Islam

 

 

3 Responses to “Munafik sebagai Renungan”

  1.  

    Yayu, Bagus artikel kamu. Saya kira semua orang harus menghindari ciri-ciri orang munafik itu ya Yuk. Aku tahu, kamu menulis artikel ini untuk siapa…..SAbar ya…

  2.  

    Aku suka membaca artikelmu Yuk….

  3.  

    Yuk, mana artikel lainnya. Ayo menulis….

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.