SRI RAHAYU

mencari dan memberi yang terbaik

 

Cara Menghitung Peminjam Buku Perpustakaan

 

Salah satu kegiatan yang ada didalam perpustakaan diataranya adalah peminjaman dan pengembalian buku, dalam kegiatan peminjaman dan pengembalian buku ini disebut dengan pelayanan sirkulasi, menurut Bafadal-Ibrahim (2000:24), “Pelayanan sirkulasi adalah kegiatan yang berupa pemberian bantuan kepada pemakai perpustakaan dalam proses peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.”
Menurut Buku Pedoman Umum Pengolahan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi (1999:34),  “Layanan sirkulasi adalah kegiatan peredaran koleksi perpustakaan diluar perpustakaan
Menurut Sjahrial-Pamuntjak (2000:97), “ sirkulasi adalah kegiatan peredaran koleksi perpustakaan, baik untuk dibaca didalam perpustakaan maupun dibawa keluar perpustakaan.”
Disini saya akan mencoba menguraikan bagaimana cara untuk menghitung statistic bulanan peminjaman bidang pelayanan seksi sirkulasi, jumlah buku-buku yang telah dipinjam oleh pengguna perpustakaan pada setiap bulannya sehingga dapat diketahui berapa eksemplar buku yang dipinjam, buku apasaja yang paling banyak diminati, pengguna mana yang paling sering berkunjung ke perpustakaan

menggunakan program SIPISIS for WINDOWS.
Data-data yang terekam dalam SIPISIS merupakan kegiatan untuk melakukan transaksi peminjaman dan pengembalian buku,  sekurang-kurangnya pada SIPISIS ini ada 3 data yang saling berhubungan satu dengan yang lain diantaranya data BUKU, CIRC, USER, masing-masing data tersebut didalamnya terdapat berbagai nama file yang berisikan identitas dan kegunaan file tersebut. Data-data tambahan lain seperti CLAS, DENDA, JENIS, OPRT, TAMU.
Kegunaan
Manfaat
Kendala
Solusi
Data ini terdapat pada file folder bernama CIRC.
Berdasarkan kelompok anggota didalamnya terdiri dari Fakultas-fakultas yang berada pada lingkup IPB, Pada statistic ini akan terlihat kelompok mana yang sering mengunjungi perpustakaan, sedangkan berdasarkan kelompok klas terdiri klas buku mana yang sering dipinjam oleh mahasiswa penggolongan klas ini terdiri dari : 000 = golongan Umum/ karya umum, 100 = golongan filsafat, metafisika, psikologi, 200 = golongan Agama, 300 = golongan Ilmilmu Sosial, 400 = golongan Bahasa, 500 = golongan Ilmu Murni, matematika, ilmu pengetahuan alam, 600 = golongan ilmu terapan, kedokteran, 700 = golongan Seni, olah raga, permainan, 800 = golongan kesusastraan dan bahasa, 900 = golongan geografi, Bibliografi dan sejarah
Langkah-langkah peminjaman ini tidak lepas dari  data yang ada di Perpustakaan IPB yaitu memanfaatkan program SIPISIS for WINDOWS yang ada pada layanan sirkulasi.  Data yang diambil adalah sebagai berikut : CIRC, CLAS, TAMU, USER dan OPRT.
Untuk statistic  Pengunjung yang diolah adalah DATA TAMU,  DATA CIRC,  digunakan untuk Statistik buku yang dipinjam berdasarkan anggota, buku yang dipinjam berdasarkan klas, buku dikembalikan berdasarkan kelompok anggota, buku dikembalikan berdasarkan klas. DATA USER biasanya digunakan untuk keperluar statistic Bebs Pustaka, statistic anggota perpustakaan

Peminjaman (menggunakan database CIR) pada program WINISIS
Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka program WINISIS sebagai berikut :

kemudian tentukan database yang akan dibuka yaitu database CIRC sebagai berikut :

Selanjutnya gunakan teknik penelusuran Klik Search, kemudian klik expert search maka akan keluar gambar sebagai berikut :

Kemudian arahkan kursor pada kolom search expression dengan mengetik  ?v4:’09-2011’ yang berarti V4 adalah tag (4) yang menunjukkan tanggal peminjaman, : (titik dua) yang berarti teknik penelusuran kata tidak tergantung huruf besar atau kecil yang pernah diiput oleh operator, ‘ (petik satu) 09-2011’(petik satu) penutup yang berarti bulan yang akan ditelusur adalah bulan September tahun 2011.  Gunakan enter maka akan muncul  gambar berikut ini:

Kemudian klik completed, maka pada kolom search history akan muncul hasil penelusuran sebanyak 11604

Buka file pjm9 dengan menggunakan  Excel sebagai berikut :

Kemudian klik open maka akan tampil gambar sebagai berikut :

Kemudian Klik Finish, kemudian buka lagi program excel, klik file pjm9, beri jarak antara dengan cara menggeser (insert) beri nama (asdf) pada kolom, kemudian blok kolom   seperti gambar berikut ini :

Klik insert pada menu excel kemudian klik pivottable maka akan keluar gambar sebagai berikut :

Kemudian klik Ok, maka akan muncul gambar sebagai berikut :

Pada kolom pivottable field list klik (beri tanda √), maka akan muncul gambar sebagai berikut :

Tarik (bawa ke kolom Σ values, Count of asdf maka pada kolom row labels akan berubah menjadi seperti gambar berikut ini :

Kemudian blok tanpa menyertakan row labels, count of asdf,(blank) dan Grand Total, copy/ cut menggunakan file baru lihat gambar sebagai berikut :

Delete gambar yang telah diblok kemudian simpan menjadi file pjm9A.  Pada saat saveas file pjm9, saveas type gunakan (Text (Tab delimeted). Kemudian klik Ok, Klik lagi yes.
Langkah berikutnya, buka lagi excel dengan menggunakan Open seperti gambar berikut ini :

Kemudian  klik OPEN, maka akan muncul gambar sebagai berikut :

Klik dua kali menu Delimeted maka akan muncul gambar sebagai berikut :

Kemudian pada menu Other ketik gambar $ (dollar), maka pada gambar akan tampik kolom-kolom seperti gambar diatas, kursor berada pada kotak Other ($) klik enter, kemudian tekan shift untuk memblok semua gambar diatas, kemudian klik finish, maka akan muncul gambar sebagai berikut :

Beri insert baris kemudian berinama pada kolom kelompok fakultas, kemudian pada menu insert, klik Pivottable maka akam bertambah sheet1 sebagai hasil dari Pivottable. Seperti gambar berikut ini :

Gambar diatas menunjukkan hasil yang dimaksud untuk mencari peminjaman berdasarkan kelompok Fakultas.
A.    Buku dipinjam berdasarkan Klas

 

One Response to “Cara Menghitung Peminjam Buku Perpustakaan”

  1.  

    Yayu. Bagus Yu, tulisannya. Cuma yang perlu diperhatikan formatnya dibuat yang lebih bagus ya. Orang pusing bacanya. Gak ketahuan mana yang judul bab dan mana yang “body text”nya. Jangan pernah berhenti belajar, dan terus berkarya. Bravo Yayu…

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.